UAS SISTEM INFORMASI DAKWAH

1. Sebutkan dan jelaskan enam alasan mengapa sistem informasi sangat penting bagi kegiatan dakwah ?
a. Menghadapi segala sesuatu yang bervolume besar dan kecepatan tinggi.
b. Mempermudah pertukaran data antar organisasi.
c. Menyimpan informasi yang mudag diakses.
d. Meningkatkan efisiensidan efektivitas proses dakwah.
e. Mampu mengelola seluruh data atau informasi perkembangan dakwah maupun hasil-hasil pelaksanaan kegiatandakwah di lapangan.
f. Data dan informasi yang dihasilkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengarahan kebijakan dan keputusan stakeholders dalam rangka perbaikan dan upaya penyempurnaan kinerja program dakwah.

2. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi? Kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan oleh sistem informasi?
1. System informasi adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusi informasi untuk mendukung pembuatan keputusan dan pengawasan dalam organisasi.
2. Tiga aktivitas yang terjadi pada system informasi adalah input, processing dan output
3. Input adalah sekumpulan mentah dalam organisasi maupun luar organisasi untuk diproses dalam suatu system informasi.
4. Processing adalah konversi atau pemindahan, manipulasi dan analisis input mentah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi manusia.
5. Output adalah distribusi informasi yang sudah dip roses ke anggota organisasi dimana output tersebut akan digunakan.



3. Apa dampak internet terhadap dakwah? Jelaskan!

Penggunaan internet yang semakin luas dikalangan masyarakat dan penggunaannya yang semakin mudah telah menjadikan internet sebagai trend gaya hidup dikalangan masyarakat. Dalam penggunaan internet terdapat dampak negative dan positif :
Dampak Positif
a. Teknologi internet pada dasarnya dibuat untuk membantu memecahkan masalah dan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
b. Lebih memudahkan para mubalig untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang terjadi.
c. Memudahkan para mubaligh untuk bebas berexsperimen untuk berdakwah lewat tulisan di internet
Dampak negatif
a. Dapat mengancam kebiasaan bersosialisasi maupun silaturahmi yang menjadi kultur bangsa Indonesia.
b. Banyaknya situs-situs yang disalahgunakan sehingga tidak sesuai dengan norma atau nilai-nilai yang telah diajarkan,
c. Kurangnya masyarakat untuk membuka situs-situs Islam.
d. Masih kurangnya para mubalig untuk menulis di internet dan kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat yang sering menggunakan layanan internet.

4. Apa yang dimaksud dengan dakwah virtual? Apa manfaat melakukan dakwah virtual?
Dunia Virtual yaitu dunia komunikasi tulis dan baca. Jadi dakwah virtual yaitu berdakwah melalui dunia komunikasi melalui tulisan. Email dan milis (mailing list) juga merupakan sarana yang baik dalam menyebarkan pemikiran kita lewat tulisan, sehingga akan lebih mudah dicari. Menulis merupakan cara paling ampuh untuk berdakwah didunia virtual.

5. Sebutkan dan jelaskan empat dampak komputer dan sistem informasi terhadap kualitas dakwah?
a. Banyak ragam media untuk melakukan dakwah dan transformasi ajaran islam.yang disesuaikan dengan teknologi informasi yang berkembang saat ini.
b. Orang perkotaan dan pengguna internet lebih sering mencari solusi agama dari internet daripada sumbernya langsung, atau tokoh agama yang lebih faham terhadap masalah yang dihadapi umat.
c. Para pakar lebih memilih forum dakwah dengan memanfaatkan teknologi informasi dari pada membuat forum pengajian rutin.

6. Apa yang dimaksud dengan LAN (local area network ) ? apa fungsi dari setiap komponen?
Local Area Network (LAN) umumnya merupakan jaringan computer untuk satu kantor yang digunakan untuk koordinasi antar bagiannya yang bersifat local. Jarak jangkauannya sampai 10 km. system LAN ini timbul dari adanya kebutuhan untuk pemakaian sumber daya secara bersama-sama.
Komponen LAN :
a. personal computer, digunakan untuk server (computer pusat / central) dan workstation (terminal pemakai)
b. media transmisi, dapat berupa kabel maupun radio frekuensi yang berfungsi untuk mengalirkan data.
c. Network interface card (NIC), berfungsi sebagai penghubung media transmisi ke peralatan
d. Konektor, berfungsi sebagai penghubung media transmisi ke peralatan
e. Perangkat lunak jaringan, berfungsi untuk mengatur akses data antar pemakai computer dalam jaringan
f. Perangkat lunak aplikasi, digunakan untuk aplikasi keperluan perusahaan
g. Media penyimpanan data, dalam bentuk harddisk yang berfungsi untuk menyimpan perangkat lunak jaringan, perangkat lunak aplikasi, dan data.

7. Sebtkan dan jelaskan beberapa topologi jaringan yang utama?
Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang di bangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan.

Topologi jaringan ada beberapa bentuk sebagai berikut.

1. Topologi Bus
Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.

2. Topologi Cincin
Topologi cincin atay yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.

3. Topologi Token Ring
Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan. Bisa di lihat dari perbedaan gambar.

4. Topologi Bintang
Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll.

5. Topologi Pohon
Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.

8. Jelaskan WAN, MAN, 3G dan Modem?
WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik
3G
3G atau third generation adalah istilah yang digunakan untuk sistem komunikasi mobile generasi selanjutnya. Sistem ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik dari apa yang ada sekarang, yaitu pelayanan suara text dan data.
Modem

Modulation demodulation. Umumnya alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial-Up dengan menggunakan line telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau internet.

9. Mengapa sistem komputer begitu banyak kelemahannya ? jelaskan ancaman yang paling sering menyerang sistem informasi sekarang ini ?
Sistem komputer banyak kelemahannya karena sistem komputer ini di buat oleh manusia, sehingga data-data rahasia yang sudah dimasukan kedalam komputer bisa saja terjadi pembobolan oleh orang-orang yang sudah memahami seluk beluk tentang sistem komputer (hardware, software).

10. Apa yang dimaksud dengan malware? Sebutkan perbedaan antara virus, worm, Trojan?
• Malware : (malicious software) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptaannya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malwer diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau oprating sistem.
• Virus : istilah yang sering dipakai untuk seluruh jenis perangkat lunak yang menganggu komputer. Nin adalah virus yang pertma kali muncul. Virus ini bisa bersarang di banyak tipe file. Target utama virus adalah file yang bisa dijalankan seperti EXE, COM, dan VBS, yang menjadi bagian suatu perangkat lunak, Boot sector juga sering dijadikan sasaran virus untuk bersarang. Virus mencari file lain yang bisa diserangnya dan kemudian bersarang disana. Bisa juga virus menyebar melalui jaringan peer-to-peer yang sudah taka sing digunakan untuk berbagi file.
• Worm : worm alias cacing, begitu sebutannya, kalau virus bersarang pada suatu program atau dokumen, cacing-cacing ini tidak demikian. Cacing adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri. Melalui jaringan, cacing ini bisa “bertelur” di komputer-komputer yang terhubung dalam suatu kerapuhan (vulnerability) dari suatu sistem, biasanya system oprasi, setelah masuk kedalam komputer, worm memodifikasi beberapa pengaturan di sistem oprasi agar tetap hidup. Minimal, ia memasukan diri dalam proses boot suatu komputer.
• Troya (Trojan) : adalah malware hyang seolah-olah merupakan program yang berguna, yang menghibur, yang menyelamatkan, padahal dibaik itu, ia merusak. Kuda ini bisa ditunggu oleh malware lain seperti virus, worm, spyware. Trojan dapat digunakan untuk menyebarkan atau menngaktifkan mereka.

11. Apa keuntungan menggunakan sebuah sistem informasi dakwah?
Keuntungan mengunakan sistem informasi dakwah
a. Meningkatkan efisiensi oprasinal dalam berdakwah
b. Memperkenalkan inovasi dalam dakwah
c. Membangun sumber-sumber informasi strategi

12. Cari sebuah model sistem informasi dakwah dan buat deskripsinya?
















Model SIM
Ketika perusahaan semakin berpengalaman dalam penerapan rancangan SIM yang mencangkup seluruh perusahaan, manajer di area-area tertentu mulai menerapkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Sistem-sistem informasi fungsional ini, disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pemakaian atas informasi. Pemasaran merupakan area pertamayang menerima pemikiran sistem informasi fungsional, dan banyak usaha yang dilakukan untuk menjelaskan cara yang dilakukan untuk menjelaskan cara penerapan.




13. Apa saja karakteristik DSS? Apa perbedaan DSS dan ESS ?
Karakteristik DSS
a. DSS dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang bersifat semi tersetruktur ataupun tidak tersetruktur.
b. Dalam proses pengolahannya, DSS mengkombinasikan penggunaan model-model / teknik-teknik analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari / introgasi informasi.
c. DSS dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan dengan muda oleh orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoprasian komputer yang tinggi.
d. DSS dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.
Perbedaan DSS dan ESS
DDS yang memperkirakan perjalanan ini sangat bergantung kepada model analitis. Jenis DDS lainnya yang klurang didorong oleh model. Justru berfokus pada pengambilan informasi yang berguna untuk menunjang pembuatan keputusan dari jumlah data yang bnayak. DDS sebagai sistem inteligensi bisnis karena system ini berfokus pada membantu penggunaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
ESS Sistem pendukung eksekutif (executive support system-ESS) membantu manajemen senior membuat keputusan ini. ESS menangani keputusan tidak rutin yang membutuhkan penilaian, evaluasi dan pendekatan karena tidak terdapat prosedur yang disetujui untuk mencapai solusi. ESS menyediakan perhitungan umum dan kapasitas komunikasi yang dapat diterapkan pada berbagai perubahan masalah.
ESS dirancang untuk menggabungkan data tentang kejadian eksternal, seperti hukum pajak yang baru atau pesaing, tetapi system ini juga menggambarkan rangkuman informasi dari SIM dan DDS internal. ESS menyajikan grafik dan data dari banyak sumber melalui batasan yang mudah digunakan oleh manajer senior.



Referensi :

Muhammad Fakhri Husein, SE dan Amin Wibowo, SE, MBA. System Informasi Manajemen. Ed. 1. Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN. Yogyakrta : 2000
Syarif Hidayatullah dan Zulfikar S. Dharmawan. Islam Virtual, Keberadaan Dunia Islam di Internet. Cet. 1. Mifta. Jakarta : 2003
Onno W. Purbo. TCP/IP Standar, Desain dab Implementasinya, Elex Media Komputindo, Jakarta, 1999.
Asep Iwan Setiawan. Diktat Mata Kuliah Sistem Informasi Dakwah.
McLeod, Raymond, sistem Informasi Manajemen. Ed.7. PT.Prenhallindo, Jakarta : 1998

0 komentar:

Posting Komentar